Kamis, 22 Oktober 2009

Makna, sejarah logo Apple (Machintosh, IPod, IPhone,dll)


Apple merupakan perusahaan komputer pertama yang menggunakan namanya sebagai identitas perusahaannya juga. Ide untuk menjual komputer dengan nama dan image buah apel (bahkan nama "Macintosh" merupakan satu varietas buah apel), dicetuskan oleh Steve Jobs dan rekannya.

Logo pertama Apple merupakan gambar Isaac Newton sedang duduk dibawah pohon apel. Gambar ini di desain oleh Ronald Wayne. Berikutnya Rob Janoff menghasilkan logo Apple dengan pelangi dan gigitan pada badan apel yang digunakan pada tahun 1976 sampai 1998.

Mengapa harus Apel??
Logo Apple terinspirasi kisan Adam dan Hawa yang mengenal kebaikan dan kejahatan setelah memakan buah terlarang (dikenal dengan istilah Bite of Eden). Kisah ini tertulis dalam Kitab Suci agama Nasrani tentang permulaan manusia jatuh ke dalam dosa.

(Kejadian 2:17)
"Tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
(Kitab kejadian 3:1-24)
"Karena tergoda oleh tipu daya ular (iblis), manusia dan istrinya (yang pertama tergoda) memakan "buah" itu sehingga mereka terbuka matanya dan tahu bahwa mereka telanjang, mereka menjadi malu/takut."

Buah apel kemudian digambarkan sebagai the temptation bagi manusia, menjadi simbol dari forbidden fruit/ buah terlarang (buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Dan Sir Isaac Newton menemukan “pengetahuan” akan hukum gravitasi juga dari buah apel yang jatuh ke tanah. Oleh sebab itu buah apel memiliki kedekatan hubungan dengan ilmu pengetahuan. Selain menggambarkan Bite of Eden, gigitan (bite) pada badan apel juga mengandung koneksitas istilah penyebutan ukuran kapasitas, byte, yang memang serupa secara pengucapannya. Filosofinya, diharapkan setiap orang yang menggunakan sistem Apple, akan memperoleh pengetahuan yang lebih dan lebih lagi (Fruit of Knowledge).

It’s so amazing!! Sebuah pemikiran yang begitu dalam dan luar biasa bukan??

Tidak ada komentar: